Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital bagi kita. Tugasnya adalah memompa darah keseluruh bagian tubuh kita. Tidak bisa dibayangkan apabila jantung kita tiba-tiba berhenti alias tidak bekerja, maka wafat lah kita. maka dari itu kita harus mewaspadai kerja jantung kita.
Untuk mengecek kondisi jantung kita ada berbagai cara. Cara yang paling mudah dan bisa kita lakukan tanpa alat adalah dengan merasakan denyut nadi pada pergelangan tangan kita. Bagi orang dewasa pada saat istirahat denyut nadi yang normal adalah 60 – 100 bpm(beep per minute). jadi dalam satu menit denyut nadi kita antara 60 – 100 kali.Cara menghitung denyut nadi kita cukup dengan menghitung denyut nadi selama 15 menit, lalu dikalikan dengan 4.
hal itu tentu berbeda sesaat setelah kita berolahraga, karena pada saat olahraga jantung kita dipacu untuk bekerja lebih maksimal. dan untuk menghitung denyut nadi maksimal adalah dengan mengurangi angka 220 dikurangi usia kita. Bila denyut nadi kita melebihi hasil perhitungan kita tadi maka segeralah berkonsultasi pada dokter.