Lari : Olahraga Murah Berjuta Manfaat

Anda pasti sudah sangat akrab dengan salah satu jenis olah raga ini. Ya. Lari merupakan salah satu cabang olah raga yang boleh dikatakan paling sederhana. Tidak ada teknik khusus dalam berlari. Bahkan, sejak bayi pun Anda sudah tahu cara berlari tanpa pelajaran khusus. Lari merupakan olah raga sederhana yang memberikan berjuta manfaat.

Akan tetapi, orang kadang merasa malas untuk melakukan kegiatan sederhana ini. Kebanyakan orang lebih memilih untuk bermalas-malasan atau duduk di atas sofa empuk seraya bermain game atau menonton televisi. Padahal, lari sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan mental Anda. Tidak percaya? Simak uraian berikut!

Keunggulan Lari Dibanding Olah Raga Lain

Dibanding cabang olah raga lain, lari memiliki banyak keuntungan. Berikut ini beberapa keunggulan lari.

1. Tidak Perlu Belajar Teknik Khusus

Lari atau jogging merupakan olah raga paling simpel. Anda tidak perlu mempelajari berbagai peraturan atau tata cara berlari seperti bermain basket dan sepak bola. Selama tahu cara berjalan, otomatis Anda bisa berlari.

2. Menghilangkan Kegemukan

Beberapa peneliti dari University of Dublin menyatakan bahwa berlari selama 30 menit dapat membakar 391 kalori. Pembakaran kalori ini jauh lebih besar dibanding bersepeda dan tenis dalam waktu yang sama. Bersepeda hanya membakar 277 kalori dan bermain tenis membakar 272 kalori saja.

3. Membuat Anda Lebih Bahagia

Kepala peneliti Institute of Mental Health di Inggris, Andrew Mac Kalots, menyatakan bahwa latihan fisik mampu menstimulus keluarnya endorphin. Endorphin merupakan senyawa yang mampu meminimalisasi kadar stres dan membuat Anda merasa bahagia.

4. Menguatkan Tulang

National Osteoporosis Society, Inggris, menyatakan bahwa berlari 3 kali dalam seminggu dengan durasi 15 menit dapat mengurangi risiko osteoporosis sebanyak 40 persen.

5. Tidak Ada Batas Usia

Berlari tidak dibatasi untuk usia tertentu layaknya cabang olah raga lain. Anak-anak, dewasa, dan kalangan lanjut usia, masih bisa berlari.

6. Cocok dengan Segala Cuaca

Bagi olah raga lari, cuaca bukan masalah. Anda masih bisa berlari meskipun cuaca panas, dingin, hujan, dan berangin. Lari merupakan latihan individu tanpa peralatan khusus, selain sepatu, sehingga Anda tidak bergantung pada cuaca.

7. Dunia Milik Anda

Menikmati suasana pagi seraya berlari adalah kenikmatan tersendiri. Anda bisa menguasai sepinya jalan, jauh dari polusi serta hingar bingar kendaraan. Anda pun bisa berlari seraya menikmati musik dari Mp3 maupun iPod. Sungguh kepuasan yang tak ternilai.

8. Tidur Lebih Nyenyak

Berlari dapat menyembuhkan insomnia. Dengan berlari selama 20-30 menit per hari, penderita insomnia dapat tidur 1 jam lebih awal dan merasakan tidur nyenyak.

9. Bermanfaat Saat Darurat

Setiap kejadian dalam hidup tidak selalu sesuai keinginan. Banyak hal terjadi secara tidak terduga yang membuat Anda harus berlari. Misalnya, mengejar copet, mengejar bis, dan melarikan diri dari kejaran anjing. Jika sudah terbiasa berlari, Anda pasti bisa melewati kejadian buruk dalam hidup.

10. Jarang Bertemu Dokter

Berbagai aktivitas fisik, termasuk lari, dapat membuat sel tubuh siap melawan infeksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin berlari selama 15 menit yang dilakukan 5 kali dalam seminggu akan terbebas dari risiko penyakit sebanyak 50 persen.

Itulah beberapa keunggulan lari bagi kesehatan tubuh dan mental. Jangan tunggu lama lagi. Segera pakai sepatu Anda dan bersiaplah untuk berlari. Semoga bermanfaat!

Sumber tulisan : www.AnneAhira.com