Perlengkapan Pelatih Basket

Anda ingin menjadi seorang pelatih basket ? atau mungkin saat ini anda seorang pelatih basket???...Selain menguasai teknik melatih basket yang cukup, anda pun disarankan untuk melengkapi diri dengan beberapa perlengkapan, diantaranya
  • Peluit
Untuk kegunaan alat yang satu ini anda semua pasti sudah tahu.yaaa,…untuk memberi tanda atau aba-aba bagi pemain. Sangat disarankan memiliki peluit dengan kualitas suara yang baik. Minimal pake FOX 40 Classic kisaran harganya kurang lebih Rp. 75.000..

  • Stopwatch
Alat ini digunakan untuk menghitung catatan waktu. Namun karena perkembangan teknologi yang pesat, ada beberapa tipe handphone yang memiliki fasilitas stopwatch, sehingga handphone tersebut juga dapat dipergunakan sebagai stopwatch. Stopwatch pun ada yang digital ada juga yang analog. Kalau yang bagus sih harganya berkisar Rp. 250.000 – Rp. 400.000.







  • Papan strategi basket (strategy board)
Nahhhh…untuk alat yang satu ini mungkin masih asing buat anda. Karena banyak juga pelatih basket yang belum memiliki papan strategi ini. Bentuknya bermacam-macam, ada yang berupa papan ada juga yang dibentuk menyerupai buku sehingga bisa dilipat. Begitupun dengan ukuran, ada yang besar ada juga yang kecil. Papan ini biasa digunakan untuk menjelaskan strategi dalam permainan basket. Kisaran harganya Rp. 450.000.

Kalau anda kreatif, untuk papan strategi ini bisa dibuat hanya dengan mengeluarkan dana Rp. 15.000,-an. Caranya gampang kok buatnya, anda cukup beli papan alas untuk anak sekolah ujian paling skitar Rp. 10.000 atau kalau sudah punya tinggal digunakan aja. Lalu untuk desain lantai lapangannya buat dengan komputer, ga perlu pake aplikasi desain tingkat tinggi semacam photoshop atau coreldraw dan sebagainya. Cukup dengan Ms. Office menggunakan fasilitas drawing. Kalo desainya dah jadi tinggal di print pake kertas HVS biasa, setelah itu di press di tukang fotokopi. Selanjutnya tinggal dipasang di papan alas untuk ujian tadi,menggunakan solasi atau lakban di pinggir-pinggirnya. Papan strategi yang murah meriah siap digunakan, penggunaannya dengan spidol boardmarker dan penghapus spidol.